Pantai Suwehan, Dreamlandnya Nusa Penida

  • 21 Oktober 2015
  • Dibaca: 1248 Pengunjung
Pantai Suwehan, Dreamlandnya Nusa Penida

Bila sahabat pecinta alam berkunjung ke Bali, tidak salahnya untuk mengunjungi dan menikmati pemandangan pantai yang sangat indah disalah satu bagian pulau kecil dari pulau Bali, tepatnya pantai-pantai pulau Nusa Penida. Pulau kecil nan indah ini terpisah dari pulau Bali namun jaraknya tidak begitu jauh dari pantai Sanur.

Pulau ini merupakan satu kecamatan dengan pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan yang merupakan bagian dari wilayah kabupaten Klungkung, propinsi Bali. Dari sisi transportasi, pulau Nusa Penida ini bisa kita capai dengan transportasi laut di pelabuhan Sanur dengan Speed Boat dan bisa kita capai melalui speed boat di Kusambe dan/atau kapal Ferry di pelabuhan Padang Bai.

Selain pantai Atuh dan Broken Beach, Nusa Penida juga memiliki satu pantai lagi yang tidak kalah bagusnya dengan kedua pantai ini. Tidak jauh dari pantai Atuh sekitar 5 km ke arah selatan dari pantai Atuh, ada sebuah pemandangan pantai yang eksotis dengan pasir putih dan Batu Jineng (batu segitiga) yang mempercantik pantai ini. Nama pantai ini adalah pantai Suwehan yang terletak di Br. Watas, Desa Tanglad.

Nama Suwehan juga merupakan nama sebuah tempat suci atau Pura yang terletak di atas pantai ini, Pura Puseh Suwehan namanya, yang dimana dibadan tebing antara Pura ini dan Pantai Suwehan itu terdapat 9 sumur / sumber mata air yang diyakini oleh penduduk setempat sebagai 9 sumber mata air suci. Ditempat ini juga ada tempat permandian yang terpisah dengan 9 sumber mata air ini, dan setiap hari raya buda cemeng kelawu diadakan piodalan dan persembahyangan bersama baik dipura maupun di 9 sumber mata air suci ini. Karena di area 9 sumber mata air ini adalah tempat suci, maka penduduk setempat dan pengunjung dilarang untuk melintasi area ini tanpa berpakaian yang sopan serta dilarang untuk mencuci kaki dan mandi diarea sumber mata air ini.

Dipantainya sendiri, kita akan disajikan hamparan pasir putih yang dihiasi bebatuan disekitarnya. Salah satu batu besar berbentuk segitiga/ batu jineng menjadi object focus mata dan focus lensa untuk segera diabadikan. Banyak pengunjung bilang, bahwa pantai ini mirip dengan pantai Dreamland namun masih asli dan belum terjamah serta route perjalanan yang menantang adrenalin kita. Keindahan yang disuguhkan dipantai ini tak hanya memukau para pelancong asal Bali bahkan pelancong luar Bali maupun tourist asing pun sering berkunjung ke tempat ini. Jadi, kalian yang belum ke tempat ini, tidak akan menyesal dengan pemandangan dan pengalaman yang akan disuguhkan dipantai  Suwehan ini.

  • 21 Oktober 2015
  • Dibaca: 1248 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita